Jumat, 06 Januari 2012

Kuliah Survival 101: Tips Tidur Dengan Aman dan Nyaman di Kelas.

Howdy. :D

Pernahkah mengalami kejadian seperti ini?

  • Ngerjain tugas sampai pagi, 1 jam lagi harus berangkat kuliah. Ngantuknya setengah mati?

  • Keasikan internetan, gak kerasa udah jam 6 pagi. Dan jam 7 harus capcus ngampus?

  • Di kelas ngantuk, males gerak ke kamar mandi untuk cuci muka?

  • Malem-malem insomnia, siang-siang ngantuknya dewa?

  • Ngegalau sampai pagi,mikirin gebetan, pas di kelas setengah sadar dan sangat ingin istirahat?

  • Mau tidur di kelas tapi takut tiba-tiba diambil fotonya dan diupload ke grup BBM?

  • Penjelasan dosen membosankana, dan hanya ingin tidur saat itu?


Saya punya solusinya!

Tapi, tunggu! Apakah anda berpikir post ini tidak berguna? Pikirkan sekali lagi! Karena hasil yang anda dapatkan adalah seperti ini:



Yes, dan tips ini sudah ditelaah, diuji, dan diteliti secara tidak ilmiah selama kurang lebih 5 tahun!

Jangan baca post ini, jika anda tidak ingin mendapatkan jam tidur yang selayaknya anda dapatkan, tapi entah kenapa saat itu anda harus memasuki jam kuliah!



Brace yourself, karena anda akan mendapatkan tips cara supaya tidur dengan aman dan nyaman di kelas!

  1. Be Confident (Percaya Diri)

    Inilah basis yang paling penting dari semua apa yang akan kita lakukan: CONFIDENCE! Kenapa? Karena manusia perlu keyakinan agar apa yang diharapkannya bisa berhasil, cuy! Bila kamu sendiri nggak yakin kamu akan berhasil, bagaimana bisa kamu berhasil??

  2. Carilah posisi duduk dimana kamu tidak bisa terlihat.

    Kebanyakan orang akan memilih posisi duduk di paling belakang agar mereka tidak terlihat. Dan jelas-jelas hal ini merupakan kesalahan besar. Duduk di belakang adalah hal klasik. Dari anak SD sampe anak SMA pasti berpikir bahwa duduk di belakang  pasti nggak akan diketahui kegiatannya oleh guru/dosen yang sedang mengajar. Just so you know, trik itu sudah teraplikasikan sejak tahun 1991.

    Bahkan mungkin jauh sebelumnya. Faktanya, dosen lebih sering memerhatikan anak-anak yang duduk di belakang daripada yang di depan. Anak yang duduk di depan adalah anak-anak pintar yang cendrung memang ingin memerhatikan agar mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang pelajaran yang berlangsung. Sementara anak-anak yang duduk di belakang adalah anak-anak ribut yang mengganggu suasana kondusif di kelas. Sudah jelas dosen akan lebih memilih untuk menetralisir gangguan daripada fokus terhadap yang benar-benar ingin belajar. (walaupun hal ini nggak pasti, tapi sepengamatan gue ya seperti itu).

    So, what should you do?Gampang! Duduklah di dekat orang-orang yang lebih tinggi dari kamu! Biarpun kadang jadi minder gara-gara kamu pendek sendiri, tapi dengan badan tembok mereka, kamu akan ditutupi dan menjadi ninja yang tidak terlihat. Duduklah di barisan tengah! Entah di baris ke dua, atau ke tiga dari depan/belakang. Orang-orang yang berada di baris tengah tidak terlalu menarik perhatian. Karena seringkali mereka jarang bertanya dan hanya kelihatan mencatat saja. Yang mana hal ini merupakan sebuah camouflage yang baik untuk beberapa step selanjutnya.

  3. Belajarlah untuk tidur sambil duduk.

    Sounds absurd? In fact, it is the most logical one!
    Kuliah akan kamu habiskan most of the time dengan duduk, memerhatikan, bertanya, dan mencatat. Jadi, dengan belajar untuk tidur duduk, kita sudah mengefektifkan sesuatu yang tidak bisa kita rubah!

    Berikut cara tidur sambil duduk yang salah:
    Bagaimana cara tidur duduk yang benar? Inilah dia, gaya tidur yang paling benar:
    Tegakkan badan, tumpukan badan pada siku yang diletakkan sejajar dengan meja. Cari posisi yang pas dan nyaman. Rileks, Tutup mata, dan mulailah untuk tidur.

    Untuk kamuflase tambahan, letakkan binderkamu di atas meja, bukalah beberapa halaman (lebih bagus lagi kalau ada beberapa paragraf tulisan di salah satu kertas binder tersebut) dan sebuah pulpen yang dipegang di tangan kanan (kalau kamu kidal, peganglah di tangan kiri).Dengan begitu, kamu bisa terlihat pura-pura mencatat, padahal kamu tidur! :lol:

  4. Amati kebiasaan dosen/guru.

    Setiap dosen/guru mempunyai kebiasaan masing-masing dalam melakukan kegiatan mengajarnya. Agar kamu dapat tertidur dengan baik, kamu perlu mempelajari dan menyadari hal-hal detail dalam cara dosen tersebut mengajar. Dengan begitu, kamu bisa menemukan celah kelemahan sistem pengajaran dosen tersebut dan memanfaatkannya untuk ketenangan tidurmu yang berharga.

    Ini beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menstimulasi kamu untuk mengamati dosen tersebut:

    • Apakah dosen tersebut orangnya gaul dan charming, atau galak dan membosankan?

    • Apakah dosen tersebut menggunakan slideshow dalam pengajarannya, atau menulis di papan tulis saja?

    • Apakah dosen tersebut tipe dosen niceguy, atau dosen tersebut galaknya gak ketulungan?

    • Bagaimana kepribadian dosen tersebut ketika menghadapi anak-anak yang ribut? Apakah dia akan: ngambek? marah? atau lanjutin kuliah seakan-akan tidak ada apa-apa?

    • Apakah dosen tersebut memiliki anak gadis/pria yang cantik jelita/ganteng maskulin? Apakah anaknya single, double, atau ganda campuran?

    • Apakah dosen tersebut memiliki lebih dari satu istri?

    • Apakah dosen tersebut sering kentut?


    Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Be creative, dan temukan informasi mana yang dapat mendukungmu untuk melakukan kegiatan tidur di dalam kelas!

  5. Hindari orang-orang populer!

    Maksudnya gimana dah?Tenang, tenang! Sabar.

    Maksudnya adalah, hindari duduk dengan orang-orang populer di dalam kelas. Orang-orang populer adalah orang-orang yang seringkali dapat menarik perhatian dosen/guru dalam kegiatan mengajar secara langsung dan tidak langsung.Beberapa contoh dari orang-orang populer adalah:

    1) yang sering nanya.
    2) orang-orang yang ikut organisasi dan menjabat peran penting dalam organisasi.
    3) orang-orang yang super eksis, semua orang tau namanya.
    4) orang-orang yang sering ribut di dalam kelas.
    5) Mahasiswa abadi yang selalu mengulang mata kuliah yang sama.
    6) orang-orang yang mempunyai genk/grup, lebih parah lagi kalau mereka memiliki semacam simbol yang menunjukkan identitasnya, seperti jaket yang samaan, pake topi, atau cuman pake celana dalem doang ketika ke kampus.
    7) orang-orang yang sering boker di celana dan menyebarkan bau yang semerbak.Intinya, orang-orang ini adalah orang-orang yang bisa menarik perhatian dosen/guru.

    Bila mereka ada kecendrungan untuk menarik perhatian, dosen pasti melihat ke arah mereka dan sekitarnya. Bila kamu berada di dekat mereka - orang-orang yang populer - kemungkinan kamu akan tertangkap basah! Jadi, perhatikan tempatmu duduk, dan hindari orang-orang populer itu! Oke?


Yah, kira-kira begitulah beberapa tips agar kita bisa tidur dengan nyaman dan aman di dalam kelas. Memang, saya tidak bisa menjanjikan bahwa tips ini akan bekerja dengan tingkat keberhasilan 100 persen, tetapi tips ini bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan jam tidur yang lebih nyaman dan aman saat pelajaran berlangsung. Kamu punya teknik sendiri untuk bisa tidur saat pelajaran berlangsung? Share di comment box! :)

Jadi, tetap semangat, ya! Selalu ada jalan menuju roma, selalu banyak cara untuk tidur di dalam kelas! Sebagaimana selalu banyak jalan untuk menuju pintu hatinya. #eaa #penggalauanmassal :lol:

1 komentar:

  1. astaga lagi lagi ngakak gara gara post si kakak yang satu ini, nggak jadi nangis bombay gue malem ini. hahahahahhahahaa! gambar contoh posisi tidur yang benar itu bikin ngakak banget!! T.O.P deh kak basy ini :D

    BalasHapus

feel free to comment :)